Hindari Kesalahan Membuat Taman di Rumah yang Sering Dilakukan

Bagian taman memerlukan teknik khusus untuk membuat dan merawatnya. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang salah saat membuat taman di rumah. Jika kamu ingin membuatnya, ada baiknya kamu menghindari sederet kesalahan berikut ini saat membuat taman di rumah.

Saat membuat taman, ada baiknya kamu menyediakan jalur setapak. Meski kecil sekalipun, setidaknya kamu menyediakan jalan setapak untuk membantu orang melewati taman tersebut. Apalagi jika taman yang kamu buat mengambil jalur orang keluar masuk rumah.

Jalur setapak ini tidak hanya membawa orang dari satu titik ke titik lain dengan aman tanpa menginjak tanah atau rumput. Dengan adanya jalur setapak ini akan membuat struktur taman lebih jelas. Desain taman juga lebih menarik dengan adanya jalur.

Banyak orang yang membuat taman tanpa melihat area yang tepat. Misalnya saja kamu meletakkan tanaman tidak di tempat yang terkena sinar matahari. Tentu saja hal ini akan membuat tumbuh kembang tanaman jadi terancam.

Selain itu, kamu juga harus memastikan tanaman bisa mendapatkan air yang cukup. Banyak tanaman yang mungkin tidak bisa hidup karena hal ini. Maka dari itu, pastikan tanaman mendapatkan air dan juga sinar matahari yang cukup.

Banyak orang yang main asal menanam dan meletakkan tanaman tanpa ada konsep yang jelas. Perlu diingat bahwa kesuksesan membuat taman di rumah adalah perencanaan yang matang. Kamu perlu memilih tanaman yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Misalnya kalau kamu senang bercocok tanaman, maka kamu bisa memilih tanaman yang perlu perawatan khusus. Biasanya tanaman ini punya bentuk atau warna yang unik. Sementara jika kamu tidak punya waktu, tak masalah memilih tanaman yang memang tak perlu perawatan khusus. Hal yang terpenting adalah tanaman di halaman tetap hidup dan asri.

Tidak semua tanah bisa dijadikan media yang baik untuk tanaman. Maka sebelum membuat taman di rumah, ada baiknya kamu mempersiapkan tanahnya terlebih dahulu. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencampur tanah dengan pupuk organik. Kamu bisa membeli pupuk di tukang tanaman atau membuatnya sendiri.

Campuran ini merupakan bahan yang baik untuk mempersiapkan tanah. Dengan demikian, tanaman apapun yang ditanam bisa hidup dan tumbuh dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan perawatan tanaman sesuai dengan jenisnya. Jangan ragu untuk bertanya pada penjual tanaman untuk mengetahui cara merawatnya yang tepat.

Jangan buat taman yang terlalu campur-campur. Sebaiknya kamu memikirkan dahulu konsep dan tata letak tanamannya. Misalnya saja kamu harus tahu jenis tanaman yang akan ditanam dan buat tata letak berdasarkan tinggi tanaman atau jenisnya. Jangan buat ide penyusunan tanaman yang terlalu liar sehingga tampak berantakan.

Jika tanaman yang kurang air akan bermasalah, tetapi tanaman yang terlalu banyak air juga membuat kegagalan dalam membuat taman di rumah. Terlalu banyak air bisa membuat akar membusuk. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan sistem perairan di taman. Ada baiknya kamu melakukan penyiraman dengan cara manual. Dengan demikian bisa mengaturnya dengan mudah.

Kegiatan membuat taman memang adalah hal yang susah-susah gampang. Jika kamu tidak teliti, maka taman bisa saja berantakan. Utamanya adalah menyesuaikan dengan kondisi halaman dan kemampuan merawat tanaman.