Inspirasi Desain Halaman Rumah Sederhana dan Rapi

Kamu sedang membuat halaman rumah yang sederhana namun tetap asri dan rapi? Ada beberapa desain halaman rumah yang bisa kamu contoh untuk mendapatkan tampilan rumah yang hijau dan rapi. Seperti apa desain yang tepat untuk halaman yang rapi?

Ternyata membuat taman di halaman rumah tidak selalu area atau  halaman yang terbuka. Kamu juga bisa membuat taman dengan memaksimalkan area teras dengan atap. Kamu mungkin tidak bisa menanamnya langsung ke tanah. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan bantuan pot sebagai media tanam.

Agar tampak rapi, kamu bisa menaruh pot di rak maupun lantai. Pilih tanaman yang membuat bagian teras tampak rapi. Jika ingin memakai tanaman bunga, pilih dengan kelopak besar yang warnanya senada dengan eksterior rumah. Dengan demikian taman bisa lebih cantik dan serasi.

Jika ingin membuat taman yang sederhana, kamu tak harus memiliki lahan yang luas. Kamu tetap bisa memiliki halaman yang rapi dengan lahan yang sempit. Namun, kamu harus memakai desain yang sesuai dan jangan sampai membuat lahan sempit terlalu penuh sehingga tidak tampak keindahannya.

Pertama, kamu bisa menanam rumput agar bisa memberikan kesan hijau yang asri dan indah. Untuk tanaman, ada baiknya kamu jangan langsung menanam ke tanah. Hal ini akan memakan banyak tempat. Ada baiknya kamu menaruhnya di pot dan menyusunnya dengan indah. Untuk menambah aksen dan kerapian, kamu bisa menaruhnya di pot gantung.

Pada lahan sempit, ada baiknya kamu tidak mengisi halaman dengan penuh. Kamu perlu membiarkan ada lahan hijau di bagian tengah taman. Dengan demikian, halaman rumah jadi lebih rapi. Kamu juga bisa menyusun pot dengan berbagai bentuk yang unik. Jangan lupa gunakan bebatuan di bagian samping untuk menambahkan keunikannya.

Pada bagian tengah juga bisa kamu susun bunga berwarna-warni. Jangan lupa untuk menyusunnya berdasarkan jenis tanaman. Tak lupa untuk memberi hiasan lain seperti lampu taman. Dengan demikian, halaman rumah akan tampak semakin apik dan asri. Jika mau menanam pohon, ada baiknya mencari pohon dengan ukuran kecil.

Desain halaman rumah berikutnya adalah dengan memakai konsep living wall. Ini juga sangat cocok bagi rumah yang tidak memiliki banyak lahan kosong untuk dijadikan taman. Kamu hanya membutuhkan dinding kosong dan juga kayu atau besi yang dipakai untuk menaruh pot dengan tanaman.

Kamu juga bisa memanfaatkan pot gantung. Posisikan pot gantung tersebut secara vertikal supaya menekan pemakaian lahan. Kamu bisa memakai beberapa jenis tanaman yang sekiranya cocok untuk jadi living wall. Misalnya garbera daisy, peace lily dan juga lavender.

Jika kamu malas memakai banyak tanaman, kamu bisa memakai model rumput terbuka yang dipadu dengan kerikil dan bebatuan. Kamu bisa menambahkan beberapa pot tanaman sehingga warnanya tidak monoton warna hijau. Perpaduan batu dan rumput juga bisa menjadi desain halaman rumah yang sederhana dan juga rapi. Gaya ini sangat cocok dipakai untuk rumah bergaya minimalis.

Dari semua desain di atas mana yang jadi favoritmu? Menyusun halaman sebenarnya adalah hal yang mudah dan menyenangkan. Hanya saja kamu harus menyesuaikan dengan kondisi lahan dan juga selera dari gaya taman yang kamu miliki.