Inverter Terbaik untuk PLTS, Daftar Merek Inverter Top Dunia

Inverter Terbaik untuk PLTS, Daftar Merek Inverter Top Dunia. Inverter surya adalah bagian paling canggih dari sistem pembangkit listrik tenaga surya dan juga bagian yang paling mungkin memiliki masalah. Alat ini berfungsi mengkonversi arus DC dari Panel surya menjadi listrik ac yang siap digunakan untuk peralatan rumah tangga.

 

Inverter ini adalah jenis solar inverter yang difungsikan untuk merubah arus DC, yang berasal dari panel surya atau baterai, menjadi arus AC. Jenis inverter ini banyak digunakan untuk sistem Off Grid dan dapat berfungsi tanpa harus terkoneksi dengan jaringan listrik lainnya.

Walaupun juga terdapat opsi pilihan untuk dapat bekerja bersamaan atau bergantian, berdasarkan prioritas, dengan sumber pembangkit lain, seperti genset atau pembangkit tenaga air.

 

Inverter ini memiliki fungsi yang sama dengan Stand-Alone Solar Inverter, namun sumber utama arus DC nya adalah hanya solar panel dan hanya dapat berfungsi hanya jika terhubung dengan jaringan listrik utama (PLN). Inverter jenis ini harus memiliki proteksi anti-islanding dan tidak didesain untuk terkoneksi dengan baterai secara langsung.

Cara kerjanya adalah panel surya memproduksi daya listrik yang kemudian diteruskan langsung ke inverter ini, untuk kemudian dapat dialirkan kembali ke jaringan pengguna. Listrik tersebut langsung dapat dikonsumsi pengguna atau jika ada kelebihan, maka kelebihan tersebut akan dikembalikan ke jaringan. Untuk dapat digunakan pengguna pada lain waktu. Di Indonesia, sistem ini dapat dimanfaatkan dengan sistem net metering

 

Inverter hibrida surya generasi baru menggabungkan inverter surya dan baterai bersama dalam satu unit sederhana. Inverter ini menjadi lebih kompetitif terhadap inverter surya seiring kemajuan teknologi inverter hibrida dan baterai menjadi lebih murah dan lebih menarik.

 

Inverter mikro, juga dikenal sebagai micros adalah inverter surya yang sangat kecil yang terpasang langsung ke panel surya individu. Karena setiap inverter mikro dan panel beroperasi secara independen, mereka merupakan opsi yang bagus untuk tata letak atap yang kompleks dan lokasi dengan masalah naungan. Meskipun biayanya sedikit lebih tinggi, micros sangat populer di Amerika Utara karena dan banyak keuntungan yang mereka tawarkan dibandingkan dengan string inverter.

 

Lebih detil silahkan klik link pada masing-masing produk untuk menuju halaman produsen.

1.   Fronius – Primo and Galvo

2.   SolarEdge – SE and HD wave

3.   SMA – Sunny boy

4.   Sungrow – SG-KLT

5.   ABB – UNO

6. Huawei Inverter

7. Enphase

8. Outback Power

9. Morningstar Corporation

10. Ginlong Solis

 

Inverter Fronius mendapatkan popularitas setelah rilis desain snap-in uniknya yang memudahkan pemasangan dan servis. Inverter Fronius hadir dengan isolator DC surya terintegrasi yang menghilangkan kebutuhan akan kotak isolator eksternal. Fitur jaringan pintar bawaannya terintegrasi dengan mulus bahkan dengan kisi yang rumit.

Fronius inverter menonjol karena pemantauan sistem berkemampuan Wi-Fi. Kehadiran smart meter memungkinkan pemantauan konsumsi energi yang lebih baik dan berfungsi sebagai sistem pemantauan rumah yang efisien. Fronius juga menyediakan aplikasi web android dan IOS solar gratis.

Pelanggan tertarik pada inverter Fronius karena kualitas dan kinerjanya yang tinggi, fitur pemantauan yang baik, dan layanan pelanggan yang fantastis yang disediakan oleh Fronius. Efisiensi rata-rata berkisar dari 97 hingga 98%.

Inverter Fronius memiliki garansi 5 tahun yang dapat diperpanjang hingga 10 tahun, gratis, dengan mendaftarkan inverter secara online. Ini adalah salah satu inverter surya terbaik untuk instalasi surya domestik dan komersial.

Fronius menyediakan berbagai macam inverter yang terhubung ke jaringan, inverter string, dan inverter pusat.

Ini adalah perusahaan Eropa yang didirikan oleh Gunter Fronius di Austria pada tahun 1945. Kemudian, Fronius membuka kantornya di Australia yang bertanggung jawab untuk memenuhi permintaan produk solar di Australia. Perusahaan juga memberikan bantuan teknis, demonstrasi produk, dan kursus pelatihan

Di bawah ini adalah beberapa penghargaan yang diraih oleh Fronius untuk produk dan layanan berkualitas tinggi.

 

Solar Edge memproduksi “sistem inverter cerdas” unik yang menggunakan pengoptimal DC untuk melakukan pemantauan di setiap tingkat bidang, dan memaksimalkan pembangkit listrik. Pengoptimal DC yang digunakan oleh Solar Edge memungkinkan rangkaian panel yang lebih panjang dan meningkatkan keamanan. Ini juga mengurangi efek bayangan dan kesalahan panel.

Meskipun pengaturan awal serta biaya dan waktu pemasangan lebih tinggi dibandingkan dengan sistem inverter string biasa, inverter tepi surya memberikan banyak manfaat tambahan yang tercantum di bawah ini:

Selain manfaat yang disebutkan di atas, penggunaan pengoptimal tepi surya memberi pelanggan keuntungan keamanan. Dalam kasus pemadaman jaringan atau inverter, pengoptimal DC mengurangi tegangan kabel DC menjadi 1 volt yang aman dibandingkan dengan string standar panel surya yang memiliki tegangan berkisar antara 300 hingga 600 Volt.

Solar Edge baru-baru ini meluncurkan salah satu inverter terkecil dan ringan, yaitu gelombang HD (seri SE-H). Inverter ini menggunakan kapasitor film tipis dan prosesor digital untuk produksi AC dan menghasilkan kerugian yang sangat sedikit. Efisiensinya 99% dan menghasilkan keluaran AC yang bersih.

Solar Edger memberikan garansi 25 tahun untuk pengoptimal daya dan garansi 12 tahun untuk semua inverter. Garansi dapat diperpanjang hingga 20-25 tahun. Solar Edge juga memiliki aplikasi android terbaik untuk pemantauan jarak jauh. Ini mendapatkan popularitas dari hari ke hari karena tingkat kegagalan yang lebih rendah dan kinerja yang dioptimalkan.

 

Teknologi surya SMA adalah pabrikan Jerman yang memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menyediakan produk dan inverter tenaga surya yang andal dan berkualitas baik. Salah satu inverter paling populer yang diproduksi oleh SMA adalah inverter Sunny Boy yang memiliki efisiensi maksimum rata-rata 97%.

SMA menyediakan banyak paket perangkat lunak pemantauan berbasis web kepada pelanggannya. Ini termasuk:

Seri inverter AV terbaru diluncurkan oleh SMA yang tidak seperti inverter Sunny Boy tradisional yang tidak memiliki panel layar, dan hanya mengandalkan komunikasi Wi-Fi. Karena panel tampilan di lingkungan luar ruangan dapat menyebabkan kesalahan, seri inverter AV baru dapat mengurangi tingkat kegagalan dan masalah garansi.

Semua inverter SMA memiliki garansi 5 tahun dengan opsi untuk memperpanjang garansi hingga 10, 15 dan 20 tahun tergantung pada modelnya. Garansi mencakup semua biaya pengiriman dan penggantian di tempat jika terjadi kegagalan yang tidak terduga.

Ini adalah opsi yang aman untuk menggunakan inverter SMA dengan mempertimbangkan keandalan dan kualitas tinggi, tetapi memiliki sisi negatif dari biaya tinggi dalam hal memanfaatkan fitur-fitur unggulannya.

SMA telah memenangkan banyak penghargaan karena produknya yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan. Di bawah ini adalah beberapa prestasi SMA.

 

Huawei adalah salah satu produsen inverter surya terbesar di dunia. Selama dekade terakhir, perusahaan telah menghabiskan miliaran untuk penelitian dan pengembangan di bidang teknologi tenaga surya. Inverter hunian pertama yang diproduksi oleh Huawei adalah SUN2000L yang berukuran kecil dan ringan dengan berat hanya 10.6kg.

Ini tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 2 hingga 5kW. Seperti inverter gelombang Solar Edge HD, SUN2000L menggunakan pengoptimal untuk pengoptimalan dan pemantauan tingkat bidang namun dapat berfungsi dengan atau tanpa pengoptimal.

Beberapa keuntungan signifikan SUN2000L tercantum di bawah ini:

Secara teknis, inverter Huawei tidak kalah dengan inverter yang disediakan oleh merek lain. Teknologi pengoptimal opsional, komunikasi LTE, antarmuka baterai internal, desain inovatif, dan garansi 10 tahun adalah semua fitur yang menjadikannya inverter hebat.

 

Enphase adalah produsen mikro-inverter paling populer dan terkemuka di industri tenaga surya yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Dengan lebih dari 17 juta unit yang diproduksi hingga saat ini, Enphase dianggap sebagai pemimpin global dalam industri inverter mikro.

Seperti pengoptimal tenaga surya, Inverter mikro bekerja pada tingkat panel menghasilkan desain yang lebih fleksibel, peningkatan kinerja, dan keamanan. Mikro-inverter lebih efisien dibandingkan dengan pengoptimal daya tepi surya karena desainnya yang rumit namun mikro-inverter memiliki biaya di muka yang tinggi.

Enphase telah meluncurkan seri mikro-inverter Enphase IQ 7 yang lebih cocok untuk sistem tata surya perumahan. Seri IQ 7 ringan dan menghasilkan tenaga 23% lebih besar dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Inverter mikro Enphase tidak kompatibel dengan dinding Tesla Power, tetapi menghasilkan produk penyimpanan yang dapat digunakan bersama dengan inverter mikro. Enphase memberikan garansi 25 tahun dengan mikro-inverternya.

 

ABB memproduksi inverter string tunggal dan 3 fase yang hemat biaya dan bertenaga. Inverter ini mudah dipasang dan ukurannya berkisar dari 2 hingga 50kW. Inverter string ABB dirancang untuk sistem tata surya yang dipasang pada bangunan perumahan serta komersial.

Beberapa keuntungan dari inverter surya ABB diberikan di bawah ini

Semua inverter ABB memiliki garansi 5 tahun yang dapat diperpanjang hingga 10, 15 dan 20 tahun dengan biaya tertentu. Harganya lebih rendah dibandingkan dengan merek top lainnya dan memiliki efisiensi maksimal hingga 97%. Inverter ABB menawarkan layanan pemantauan mereka melalui platform online yang dikenal sebagai Platform Manajemen Pabrik Aurora Vision.

 

Outback Power dikenal dengan inverter / unit penyimpanan off-grid. Namun, mereka baru-baru ini memasuki ruang inverter grid-tie dan memiliki satu misi besar “… .membuat desain dan pemasangan sistem lebih mudah dan lebih cepat dalam aplikasi off-grid yang interaktif-grid dan komprehensif.”

Inverter “ciri khas” mereka diberi label sebagai “Seri Radiant”. Berikut spesifikasinya!

Inverter Outback ini memiliki mode yang sangat menarik yaitu “Grid Zero”. Dalam mode ini, tujuan inverter / penyimpanan baterai adalah untuk meminimalkan daya yang digunakan dari jaringan hanya dengan menggunakan daya yang dapat diperbarui dan disimpan untuk rumah Anda.

Inverternya memiliki garansi terbatas 5 tahun untuk kerusakan dan garansi terbatas 2 tahun untuk kipas angin.

 

Didirikan pada tahun 2005 di Ningbo, Cina, perusahaan inverter string ini adalah salah satu produsen inverter terbesar dan lama di seluruh dunia. Sementara sebagian besar bisnis mereka saat ini dilakukan di luar AS, perusahaan yang terintegrasi secara vertikal terus mengumpulkan penghargaan termasuk empat tahun dan menjalankan merek inverter teratas oleh EuPD. EuPD adalah organisasi Eropa yang didedikasikan untuk membantu bisnis yang ramah lingkungan berkembang dan bersaing di pasar saat ini.

Ginlong Solis membuat inverter satu fase, tiga fase, skala utilitas, dan penyimpanan energi. Inverter fase tunggal digunakan untuk sistem tata surya perumahan sementara tiga fase untuk komersial.

Fitur inverter satu fase

 

Sol-Ark adalah perusahaan yang berbasis di Texas yang berspesialisasi dalam teknologi inverter / generator. Tujuan mereka adalah untuk meringankan beban listrik yang ditarik dari jaringan sehingga Anda dapat memaksimalkan daya terbarukan dan lebih mandiri. Mereka juga suka berinovasi untuk sistem yang sepenuhnya off-grid.

Hal yang sangat menarik yang disediakan Sol-Ark bagi pelanggannya adalah sistem pemantauan yang sangat mendalam yang tersedia sebagai aplikasi untuk ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini benar-benar dapat memberi tahu Anda dari mana daya Anda saat ini berasal, panel, penyimpanan, atau jaringan, dan memberi Anda opsi untuk beralih dari mana Anda ingin beban listrik Anda berasal.

Sol-Ark 8k mereka adalah model yang paling umum dijual. Fitur produk ini adalah sebagai berikut:

 

Morning star adalah perusahaan menarik yang sangat fokus pada konversi dan penyimpanan off-grid. Terutama mereka menawarkan pengontrol surya yang mengatur beban dari panel ke baterai sehingga baterai tidak diisi secara berlebihan. Namun, mereka menawarkan satu inverter untuk pengaturan off-grid.

Inverter ini disebut “SureSine”. SureSine adalah inverter gelombang sinus murni 300 watt (input DC 12 volt) yang dirancang khusus untuk sistem photovoltaic (PV) off-grid jarak jauh. Ini adalah inverter yang ideal untuk proyek elektrifikasi pedesaan, telekomunikasi, kabin terpencil, rumah akhir pekan, RV, karavan, dan perahu.

 

1.   Fronius – Symo and Eco

2.   SMA – Sunny Tripower & Core 1

3.   SolarEdge – SE 3-phase

4.   Sungrow – SG-KTL range

5.   ABB (FIMER) – Trio, PRO and PVS