Jenis Engsel Sendok, Cara Pasang, dan Harga Engsel Sendok

Jenis Engsel Sendok, Cara Pasang, dan Harga Engsel Sendok

Jenis Engsel Sendok, Cara Pasang, dan Harga Engsel Sendok

Jenis Engsel Sendok, Cara Pasang, dan Harga Engsel Sendok. Engsel sendok merupakan engsel yang sangat populer saat ini, khususnya untuk berbagai pekerjaan interior maupun furniture minimalis. Engsel sendok atau biasa disebut Europa hinge mempunyai keunggulan yaitu kemudahan settingan. Engsel sendok bisa disetting naik turun dan maju mundur untuk fitting pintu dengan framenya.

Selain itu, engsel sendok membuat pintu kabinet atau furniture menjadi tampak bersih karena engsel tidak kelihatan dari luar. Keunggulan lain yaitu adany fitur slowmotion, artinya pintu bisa menutup sendiri secara pelan (Soft Close).

Terdapat 3 kemungkinan yang anda bisa lakukan, yaitu pintu dalam, pintu luar dan pintu di tengah. Dua posisi pertama bisa anda lakukan dengan engsel kupu-kupu dan engsel piano, namun posisi ketiga agak sulit. Anda perlu menambah satu batang kayu di antara kedua pintu agar engsel-engsel tersebut dapat diaplikasikan.

 

Engsel Sendok Lurus

Sesuai untuk pintu Luar. Pada hasil akhir pemasangan hanya bagian pintu yang nampak dari luar. Sisi tebal dinding samping tertutup oleh daun pintu. Proses pemasangan hampir sama, jarak lubang dan titik sekrup pada pintu tidak berubah. Yang berbeda adalah ukuran pintu.

Engsel 1/2 Bengkok

Dipakai untuk pintu yang hanya menutupi setengah ketebalan dinding kabinet. Yang dimaksud di sini adalah adanya pertemuan 2 pintu pada satu dinding kabinet. Berarti akan ada celah di antara pintu, di depan sisi tebal dinding kabinet. Lokasi pintu prinsipnya berada di luar namun hanya setengah dari ketebalan dinding kabinet.

 

Engsel Sendok Bengkok

Digunakan untuk pintu dalam, artinya permukaan pintu ketika tertutup akan sama rata dengan sisi tebal dinding samping kabinet sehingga sisi tebal dinding kabinet akan terlihat. Untuk posisi ini anda perlu menggunakan tipe engsel sendok dengan bukaan sudut 110° – 125°.

Bagian penting pada waktu penyetelan pintu dalam adalah lokasi kaki/sepatu engsel. Walaupun demikian ini tidak akan menjadi masalah besar karena engsel bisa diatur apabila posisi tidak tepat.

Merek engsel sendok yang beredar dipasaran sangat banyak sekali, beragam harga dan beragam kualitas tergantung dengan selera. Merek high end atau merek dengan harga mahal adalah Blum, Hafele, dan Hettich, sementara merek menengah ada Ferari, dan merek low end yang paling terkenal adalah Huben dan Elco.

Berikut ini adalah kisaran harga engsel sendok

 

 

Demikian info tentang engsel sendok dan kisaran harganya semoga bermanfaat.