Keseimbangan Baterai Bank, Perlukah Balancer Pada Bank Baterai?

Keseimbangan Baterai Bank, Perlukah Balancer Pada Bank Baterai?. Saat membuat bank baterai dengan tegangan yang lebih tinggi, seperti 24 V atau 48 V, Anda perlu menghubungkan beberapa seri baterai 12 V. Tetapi ada satu masalah dengan menghubungkan baterai secara seri, dan ini adalah baterai tidak identik secara elektrik.

Baterai memiliki sedikit perbedaan dalam resistensi internal. Jadi, ketika rangkaian rangkaian baterai diisi, perbedaan resistansi ini akan menyebabkan perbedaan tegangan terminal pada setiap baterai.

Tegangannya menjadi “tidak seimbang”. “Ketidakseimbangan” ini akan meningkat seiring waktu dan akan menyebabkan salah satu baterai terus-menerus diisi dayanya secara berlebihan sementara baterai yang lain terus-menerus terisi daya. Ini akan mengakibatkan kegagalan prematur pada salah satu baterai dalam rangkaian seri.

Untuk memeriksa apakah ketidakseimbangan baterai terjadi di sistem Anda:

Untuk mencegah ketidakseimbangan awal baterai, pastikan Anda mengisi penuh setiap baterai sebelum menghubungkannya secara seri (dan / atau paralel). Untuk mencegah ketidakseimbangan di masa mendatang, karena umur baterai, gunakan Penyeimbang Baterai (balancer baterai).

Balancer baterai disambungkan ke sistem seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Ini mengukur tegangan bank baterai dan juga tegangan baterai individu.

Penyeimbang baterai aktif segera setelah bank baterai diisi dan voltase pengisian telah mencapai lebih dari 27,3 V. Pada saat itu, penyeimbang baterai akan mulai mengukur dan membandingkan voltase kedua baterai.

Begitu mendeteksi perbedaan tegangan lebih dari 0,1 V antara kedua baterai. itu akan menerangi lampu peringatan dan itu akan mulai menyeimbangkan kedua baterai. Ini dilakukan dengan mengosongkan baterai yang lebih tinggi dengan menarik arus hingga 0,7 A dari baterai itu sampai kedua voltase baterai sama.

Jika penyeimbangan baterai tidak memiliki efek yang diperlukan dan perbedaan voltase menjadi lebih besar dari 0,2 V, ketidakseimbangan baterai lebih besar dari yang bisa diperbaiki oleh keseimbangan baterai. Ini kemungkinan besar merupakan indikasi bahwa salah satu baterai mengalami kerusakan dan Penyeimbang Baterai akan membunyikan alarm dan akan mengaktifkan relai alarmnya sebagai tanda bahwa baterai harus diganti.

Menjaga keseimbangan baterai bank sangat penting agar performa sistem PLTS tetap optimal selain itu juga berfungsi menjaga performa baterai agar terus optimal.