Mata Gergaji Circular Saw, Jenis,  Kegunaannya, dan Tipe Gergaji Sirkular

Mata Gergaji Circular Saw, Jenis,  Kegunaannya, dan Tipe Gergaji Sirkular

Mata Gergaji Circular Saw, Jenis, Kegunaannya, dan Tipe Gergaji Sirkular. Jenis Mata Gergaji Circular Saw dan Panduan Membeli Mata Gergaji sirkular. Ada berbagai pisau gergaji circular. Setiap gergaji dirancang untuk memotong material yang berbeda dan bekerja dengan tipe gergaji listrik tertentu. Pastikan pisau yang Anda pilih cocok untuk bahan yang Anda butuhkan untuk dipotong. Juga, periksa untuk memastikan itu sesuai dengan gergaji Anda.

Ada beberapa spesifikasi yang perlu Anda perhatikan. Bandingkan diameter pisau dan jenis pisau dengan kemampuan gergaji Anda. Ukuran yang dapat diterima berbeda-beda menurut model gergaji, tetapi hal berikut umumnya berlaku: Gergaji circular saw yang paling kecil biasanya menggunakan pisau yang berdiameter 4-1 / 2 inci hingga 7-1 / 4 inci. biasanya ujung mata gergaji circle diberi carbid untuk mempertahankan ketajaman dan daya tahan potong.

gergaji untuk memotong granit atau keramik menggunakan pisau diamond 7 inci atau 10 inci. Gergaji Meja dan miter saw menggunakan pisau 10 inci atau 12 inci. Gergaji pemotong logam juga disebut gergaji cutoff, biasanya menggunakan pisau pemotong carbon.

Pisau gergaji standar adalah yang biasa digunakan untuk memotong kayu atau kayu komposit. Jumlah gigi pada pisau membantu menentukan kecepatan, jenis dan akhir potongan. Pisau dengan gigi yang lebih sedikit memotong lebih cepat tetapi mata gergaji circular yang memiliki gigi lebih banyak membuat hasil akhir yang lebih baik.

Ripping – Merupakan mata gergaji bundar untuk membelah kayu (rip). Ciri khas dari mata gergaji satu ini adalah jarak antar giginya lebih jarang.

Crosscutting – Mata gergaji satu ini ditujukan untuk pemotongan crosscut, dengan ciri khas jarak antar giginya lebih rapat dari ripping. Namun, untuk jenis yang lebih rapat jarak antar giginya, maka ditujukan khusus untuk mitre saw.

Combination – Mata gergaji satu ini bisa digunakan sekaligus untuk membelah kayu, sekaligus untuk cross cut.

Plywood – Dari namanya, jelas mata gergaji satu ini ditujukan untuk memotong berbagai jenis kayu lapis, seperti plywood, tripleks, MDF dan kayu partikel.

Hollowground – Bentuk pisaunya lebih tipis dari jenis lainnya, dan ditujukan untuk pemotongan crosscut apabila Anda membutuhkan pemotongan yang lebih presisi.

Thin Kerf – Mata gergaji thin kerf ditujukan untuk memotong kayu engineering. Ciri khasnya adalah jenis pisaunya cukup tipis, namun kuat.

Abrassive – Mata gergaji yang satu ini ditujukan bukan untuk pemotongan kayu. Melainkan untuk pemotongan besi, logam, baja dan sebagainya.

Diamond – Mata gergaji diamond ini ditujukan untuk memotong granit, marmer, batu dan sejenisnya. Dengan pengaplikasian berlian / diamond pada mata gergaji, maka kekuatan potongnya pun akan semakin tinggi karena sifat diamond yang merupakan material terkeras.

Perhatikan gambar berikut ini agar lebih detil:

Dari gambar diatas ada banyak sekali tipe dan jenis mata gergaji circular. Bahkan untuk memotong kayu juga ada berbagai tipe, hal ini untuk mengakomodir berbagai kebutuhan material dan hasil akhir yang diinginkan. Berbagai mata gergaji yang beredar dipasaran memang tidak lengkap seperti yang beredar di Amerika utara maupun eropa, karena di Indonesia biasanya kita hanya diberi pilihan mata gergaji circular untuk cross cut dan juga rip.

Namun, belakangan ini sudah mulai banyak importir yang memasok berbagai kebutuhan perkakas bervariasi dan berkualitas termasuk mata gergaji circular. Ada beberapa merek yang cukup ramai dipasaran, diantaranya dewalt, Bosch, Aldo, Wipro, Makita. Pastikan memilih mata gergaji yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, mencari referensi dan mengikuti berbagai forum juga akan sangat membantu.