Meja Router untuk Pertukangan Kayu, Fungsi dan Cara Kerjanya

Meja Router untuk Pertukangan Kayu, Fungsi dan Cara Kerjanya

Meja router adalah jenis Meja khusus di mana mesin router genggam yang sesuai dapat dipasang, terbalik, ke bagian bawah meja. Mata Pisau router, atau bit, akan menonjol melalui lubang di permukaan meja.

Bahan kayu atau mdf bisa diumpankan di sepanjang meja, menghadap pemotong yang berputar, untuk dipotong atau dibentuk. Router table dilengkapi dengan berbagai aksesori, untuk membantu berbagai tugas pemotongan dan pembentukan, dan berfungsi untuk meningkatkan keserbagunaan router Anda.

Dua jenis Router table yang populer adalah:

Router table Free standing biasanya adalah meja yang lebih besar yang dapat digunakan sebagai meja mandiri, tetapi seringkali juga memiliki kaki yang dapat dilepas sehingga dapat juga digunakan sebagai meja benchtop.

Router table Benchtop biasanya lebih kecil dan lebih ringan, sehingga lebih mudah untuk diangkut. Mereka dirancang untuk digunakan di atas meja atau meja kerja lain dan biasanya dilengkapi dengan tanda kurung sehingga dapat dipasang dengan aman ke atas meja.

 

Router table memungkinkan Kita menggunakan router dalam waktu yang lama dan hasil lebih akurat dan presisi. Sebab mesin terkunci di meja dan kita bisa melakukan pekerjaan secara terus menerus.

Berikut ini adalah pekerjaan yang bisa dilakukan dengan mesin Router table.

 

DI Indonesia Router table yang dijual masih sangat terbatas. Merek-merek berkualitas seperti Bosch dan makita belum banyak beredar di pasaran.

Namun bagi yang ingin membuat sendiri bisa membeli router plate untuk digunakan pada mesin router. Namun dari beberapa pengalaman, router plate diy kurang presisi saat digunakan untuk bekerja dalam jangka lama.

Sementara jika membeli Router table yang pabrikan lebih akurat dan mudah karena memang di desain dengan teliti dan durabilitasnya tinngi.