Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer

Mesin Jointer, Cara Menggunakan dan Memilih Mesin Jointer. Mesin jointer merupakan mesin yang berfungsi untuk meluruskan kayu dengan cara mengurangi kedalaman kayu sehingga rata. jointer juga sangat penting untuk menentukan siku tidaknya kayu yang akan dikerjakan.

Selain untuk meluruskan kayu yang melengkung mesin jointer juga bisa digunakan untuk rabetting dan membuat spooning kayu.

Bagi saya sendiri, jointer lebih penting daripada mesin planer, baik planer tangan maupun planner duduk. Sebab material kayu yang lurus dan siku sangat penting untuk mendapatkan hasil yang presisi. Apalagi jika kita ingin membuat pintu atau jendela maka meain jointer sangat vital.

Meja jointer yang panjang dan datar memastikan bidang kayu yang dikerjakan relatif lurus, selain itu pagar jointer juga bisa membantu menjaga sisi kayu tetap siku 90 derajat.

Jointer ada beragam ukuran, umumnya ukurannya ditentukan dengan satuan inchi berdasarkan lebar bidang mejanya. Ukuran kecil biasanya mulai 5 inchi, 8 inchi, dan 12 inchi. Saya sendiri menyukai ukuran yang standar 7 inchi yang efektif bisa digunakan untuk kayu dengan lebar 15 cm.

Jointer biasanya mempunyai bilah pisau antara 3 atau 4 buah. Untuk kayu lunak bisa digunakan pisau tipe HSS sementara untuk kayu keras bisa menggunakan pisau TCT.

 

 

sebagaimana peralatan perkayuan yang lain, Jointer juga memerlukan perawatan agar tetap pada performa terbaiknya. Ingat bahwa jointer hampir semua bagiannya terbuat dari besi cast iron sehingga mudah berkarat jika tidak digunakan secara rutin.

Secara umum berikut ini adalah perawatan Jointer