Tips Membeli Kayu Jati Dalam Bentuk Pohon Agar Tidak Rugi

Tips Membeli Kayu Jati Dalam Bentuk Pohon Agar Tidak Rugi. Terkadang kita tertarik untuk membeli kayu jati yang dalam bentuk pohon atau masih belum di tebang. Biasanya sama pihak penjual dijual dengan sistem borongan.

Misal dalam satu kawasan kebun ada 100 pohon jati dengan ukuran diamter random mulai A1-A2 dan ditawarkan dengan harga 80 juta. Sekilas harga ini terlihat murah namun pada prakteknya jika tanpa kalkulasi yang jelas lalu kita beli bisa jadi setelah di proses dan diolah harganya jauh lebih mahal dibanding kita beli kayu olahan atau dibandingkan harga kayu perhutani.

Membeli kayu jati atau kayu apapun dalam bentuk masih pohon diperlukan pengalaman yang panjang dan naluri kalkulasi yang kuat. Sudah tidak terhitung seorang rekan bisnis merasakan kerugian akibat membeli kayu dalam bentuk pohon.

Membeli kayu jati dalam bentuk pohon ibarat kita membeli kucing dalam aquarium harus dihitung secara rinci detil dan akurat.

Namun, Jika kita ingin membeli kayu dalam bentuk pohon kita harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

Semua perhitungan tersebut harus rinci jika Anda masih pemula dalam bisnis ini. Namun jika sudah berpengalaman biaya-biaya tersebut bisa dikira-kira sendiri.

Namun sebagai saran sebelum Anda mulai berbisnis dengan cara membeli kayu log yang masih bentuk pohon ada baiknya mencoba dulu membeli di perhutani atau pabrik yang menjual log siap proses. Lalu memprosesnya sebagai media belajar untuk mengetahui tingkat rendemen kayu dan bisa memperkirakan biaya operasionalnya.