Sertifikat merupakan salah satu hal penting dalam mencari pekerjaan. Calon pekerja cenderung lebih mudah diterima apabila mempunyai sertifikat khusus yang telah diperolehnya. SKA adalah satu dari sekian banyaknya sertifikat yang cukup mempengaruhi dunia kerja. Oleh karenanya jasa pembuatan SKA sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang.


Apa Itu SKA? 

Lalu, apa itu SKA? SKA atau Sertifikat Keahlian merupakan sebuah sertifikat yang dibuat langsung dan diterbitkan oleh pihak LPJK. Tentu saja, sertifikat ini tidak bisa andaperoleh dengan mudah. Pastilah ada syarat dan ketentuan tertentu yang mesti anda lewati terlebih dahulu agar bisa mendapatkan sertifikat bermutu ini. 

SKA diterbitkan dengan tujuan yang sesuai guna memenuhi kompetensi serta keahlian yang sudah disesuaikan berdasarkan ijazah yang telah diperoleh oleh seseorang. Tentu saja, pemberian SKA ini berdasarkan kualitas yang dimiliki oleh calon pekerja atau pun lulusan jurusan tertentu, biasanya berlaku untuk jurusan teknik. 

Perlu andaketahui, pemberian SKA ini sendiri juga memiliki tingkatan dan stratanya. Yakni terdapat 3 tingkatan SKA berdasarkan tingkatannya, yang terdiri atas:

  • SKA untuk seorang pemula, yang dinamakan SKA Muda

  • SKA Utama, dan terakhir 

  • SKA Madya. 

Bagi anda yang ingin memperoleh SKA, maka sudah tentu jadi kewajiban untuk menunggu sekitar 1 sampai 2 hari kerja. Jika ingin melakukan pengajuan, mohon lampirkan softcopy lebih dulu, agar proses pengajuan pembuatan SKA bisa lebih cepat dan mudah. 


Informasi Sekilas Ketentuan Saat Pembuatan SKA 

Sebelum memutuskan untuk membuat SKA, terdapat sejumlah syarat dan ketentuan dalam pembuatan SKA. Hal ini sangat andabutuhkan agar anda tidak kalang kabut saat akan membuat sertifikat keahlian ini. 

Poin pertama yang perlu ingat ketika akan mengunjungi jasa pembuatan SKA adalah, SKA ini wajib dan mesti diajukan lewat lembaga sebuah profesi pada bidang ahli konstruksi. Tapi tenang saja, karena biasanya semua yang andabutuhkan telah tersedia dengan cantik di bagian registrasi. Pastinya bagian ini ada setelah anda melakukan registrasi dengan pihak LPJK. 

Hal paling utama yang mesti anda siapkan ketika akan mengajukan pembuatan SKA ialah ijazah. Dengan begitu, anda bisa langsung mengajukan proses pembuatan SKA sesuai kebutuhan dan keinginan anda. 

Supaya anda bisa memperoleh SKA dengan kualitas terbaik. Maka, sebaiknya gunakan jasa pembuatan SKA terjamin dan terpercaya. Bagaimana caranya agar anda bisa mendapatkan ahli pembuatan sertifikat keahli yang dapat anda percaya? Jangan khawatir, karena di bawah ini terdapat beberapa cara dan tips sederhana untuk anda terapkan. Silahkan baca ulasan berikut ini:


1. Pastikan Jasa Tersebut Bisa Dipercaya

Pertama, pastikan jika anda benar benar memberikan tugas berat ini  kepada jasa pembuatan SKA terpercaya dan bergengsi. Sehingga, anda tidak harus menyesal di kemudian hari karena telah salah mempercayakan pembuatan sertifikat keahlian pada tangan yang salah. Maka, jangan terburu buru memilih jasa pembuat sertifikat keahlian.  


2. Perhatikan Kualitas Jasa yang Diberikan 

Bagaimanakah kualitas jasa yang anda terima? Jika anda merasa kualitas bagus yang anda dapatkan, maka baru bolehlah anda menggunakan jasa tersebut. Namun jika sebaliknya, maka pikirkan sampai berkali kali bagi anda untuk memanfaatkan jasa pembuatan sertifikat keahlian itu.  


3. Harga Rendah Bukan Patokan Tepat

Apakah sering anda menemukan ada kompeni tertentu yang berusaha menawarkan jasa pembuatan SKA dengan harga sangat rendah? Jangan mudah tergiur dan langsung mengambil tindakan. Karena, harga rendah tidak dapat anda jadikan patokan guna memperoleh ahli pembuatan sertifikat keahlian dengan kualitas terbaik.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada jasa yang menawarkan harga terjangkau dan murah untuk proses pembuatan SKA. Silahkan temukan dengan cara dan strategi terbaik.    


4. Perhatikan Pelanggan Mereka Terlebih Dahulu

Coba perhatikan testimoni yang diberikan oleh pelanggan jasa pembuatan SKA terlebih dahulu. Jika anda menemukan respon dan komentar dalam bentuk positif, maka silahkan pilih jasa tersebut. sebaliknya, apabila anda mendapatkan respon kurang mengesankan, maka sebaiknya urung kembali niat anda untuk memilih jasa tersebut.  


5. Temukan Referensi Tepat dan Terjamin

Hal terakhir yang bisa anda lakukan agar bisa menemukan jasa pembuatan SKA berkualitas adalah mencari sumber terpercaya dari berbagai kalangan. Mulai dari internet, bertanya pada kerabat kerja, hingga mengintip informasi dari televisi.