RAB Renovasi Rumah Per Meter dan Borongan

RAB Renovasi Rumah Per Meter dan Borongan. Renovasi rumah jika tidak dilakukan perencanaan dan perhitungan yang matang akan membuat pembengkakan biaya yang tidak terduga. Ada baiknya saat akan melakukan renovasi rumah tanyakan dulu pada konsultan atau kontraktor sehingga bisa melakukan estimasi biaya secara lebih akurat.

Namun jika ingin menekan biaya dan melakukan renovasi sesuai dengan budget bisa dilakukan secara parsial. Misalnya renovasi cat dahulu baru ke item yang lain. Melakukan survey harga material dan tenaga kerja sangat disarankan agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Namun, Jika ingin mendapat Gambaran RAB Renovasi rumah berikut ini adalah rinciannyya:

 

Biaya Renovasi Rumah Paket Borongan

Biasanya biaya renovasi rumah untuk paket borongan kontraktor menawarkan opsi per meter ruangan. Harganya sangat bervariasi tergantung kualitas yang diinginkan dan juga tingkat kesulitan. Tapi umumnya paket renovasi rumah berkisar antara 2.500.000 – 4.000.000. Misalkan kita punya rumah ukuran 36 m2 dan ingin melakukan renovasi total dan biaya renovasinya Rp. 2.500.000 x 36m2 = Rp. 90.000.

Namun jika ingin melakukan breakdown anggaran renovasi Rumah tipe 36 atau minimalis berikut ini perkiraan anggarannya.

 

RAB Renovasi rumah jika dihitung secara parsial kita juga bisa bisa melakukan alokasi perkiraan per meter. Biasanya perhitungan per meter ini jika kita tidak melakukan renovasi secara menyeluruh.