Sertifikat Keahlian atau SKA merupakan satu kesatuan hal yang tidak dapat dipisahkan bagi seseorang yang ingin mencari pekerjaan, terutama di bidang jasa konstruksi. Selain SKA, SKT juga sertifikat penting yang mesti dibuat dan dimiliki oleh calon pekerja pada sebuah perusahaan pembangunan. Pengurusan SKA SKT tentu saja lebih dulu wajib andaketahui, termasuk di dalam nya syarat serta ketentuan yang berlaku. 

Sebelum lebih jauh, agar anda tidak kebingungan dan harus terpaksa pulang lagi dari perusahaan pembuatan SKA dan SKT. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu apa yang saja yang andabutuhkan dan persiapkan guna memproses SKA juga SKT. 

Dimana semua file dan berkas yang telah anda siapkan tersebut akan diminta secara langsung saat anda tiba di lembaga pembuatan sertifikat. Beberapa hal yang mesti anda persiapkan, diantaranya ialah sebagai berikut:


1. Fotocopy Ijazah

File atau dokumen pertama yang wajib anda lengkapi adalah ijazah. Sebaiknya hindari menyerahkan ijazah asli, karena saat melakukan registrasi anda hanya akan diminta ijazah dalam bentuk fotocopy. Fotocopy ijazah merupakan poin penting dan paling utama yang mesti anda siapkan. Karena di sini akan dilihat kompetensi anda sebagai lulusan jurusan dari mana dan apakah anda seorang lulusan terbaik dari lembaga pendidikan tertentu.  


2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Perlengkapan kedua yang harus anda siapkan adalah fotocopy KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Ini sebagai tanda dan bukti bahwa anda ialah seorang warga negara asli dan bukan pendatang. KTP adalah syarat utama dalam proses pembuatan SKA maupun SKT. Terkadang, jumlah fotocopy yang diminta berjumlah satu lembar, namun kerap kali juga terjadi perbedaan antara satu kompeni dengan kompeni pembuatan jasa sertifikat lainnya.    


3. Fotocopy NPWP

Langkah ketiga yang wajib anda persiapkan adalah Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP). Siapkan dokumen dalam bentuk fotocopy dan tidak perlu membawa yang asli. NPWP sendiri bisa andaperoleh dari kantor kepengurusan pajak. Untuk itu, jika tidak memiliki NPWP segera urus dan buat kartu ini di tempat terkait. 

Setelah anda memiliki NPWP, barulah boleh anda pergi ke kantor pembuatan sertifikat untuk melakukan pengurusan SKA SKT.  


4. Foto Terbaru 

Persiapan terakhir yang wajib anda siapkan ialah pas foto ukuran 4 x 6. Sebaiknya, serahkan foto terbaru, dimanaanda latar belakang harus berwarna (boleh merah dan boleh biru). Selain itu, pastikan pakaian anda di dalam foto berkerah, agar pihak terkait segera memproses pembuatan SKA dan SKT milik anda. 



Manfaat Memiliki SKA dan SKT

Tujuan dan manfaat dari pembuatan SKA dan SKT di antaranya ialah sebagai berikut:


1. Penunjang Keberhasilan Proyek 

Tujuan dan manfaat pertama dari pembuatan SKA dan SKT adalah sebagai penunjang keberhasilan dari sebuah projek pembangunan. Umumnya pada sebuah jasa konstruksi, para calon pekerjanya harus terlebih dahulu mempunyai SKA atau pun SKT. Sertifikat keahlian ini diperkenankan sebagai bentuk bahwa calon pekerja tersebut memiliki kompetensi cukup baik di bidangnya. 


2. Acuan Industri 

Pembuatan SKA atau pun SKT oleh calon pekerja di bidang konstruksi bertujuan dijadikan sebagai acuan dalam dunia industri, khususnya di tanah air. Biasanya, sebuah perusahaan maupun industri yang mengedepankan SKA dan SKT merupakan industri dengan kualitas dan mutu terbaik. Sehingga, sangat tidak heran apabila SKA juga SKT dijadikan dasar atau tolak ukur untuk menilai sebuah industri konstruksi. 


3. Tanggung Jawab Kepada Masyarakat Secara Luas 

Masyarakat, umumnya lebih memilih jasa konstruksi yang telah memiliki lisensi atau sertifikat keahlian kerja. Dengan adanya SKA atau SKT, masyarakat dapat menilai bahwa jasa atau ahli yang dipilihnya merupakan jasa berkualitas dan dapat dipercaya. 

Melalui SKA juga SKT, sebuah perusahaan konstruksi dapat memberikan tanggung jawab kepada masyarakat secara umum. Sertifikat ini adalah bukti dan tanda yang sah bagi seorang tenaga kerja untuk dapat diakui kompetensi atau keahlian yang dimilikinya. Hal ini tentu saja sah dan resmi, disebabkan SKA atau SKT dikeluarkan dan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau yang lebih dikenal dengan LPJK. 

Mengingat akan tujuan dan manfaat dari SKA atau pun SKT, sangat penting bagi setiap calon pekerja di bidang konstruksi melakukan pengurusan SKA SKT agar keahlian anda dapat diakui secara sah dan resmi.