Jasa pengurusan SKA—Berkaitan dengan profesi yang kita jalani masing-masing, terkadang kita perlu label yang menyatakan bahwa kita adalah tenaga kerja profesional di bidangnya. Saat kita memilikinya, kita akan mendapat cukup banyak kemudahan, termasuk mendapatkan kepercayaan dari klien sebab di pandang memiliki reputasi yang baik. 

Salah satu pekerjaan konstruksi yang sangat membutuhkan legitimasi ini adalah pekerjaan di bidang konstruksi. Ini dikarenakan jenis pekerjaan ini melibatkan keamanan pengguna jasa infrastruktur dimana segala sesuatunya harus penuh pertimbangan yang berarti hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Tidak hanya itu, jasa konstruksi memerlukan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, kita membutuhkan penyedia jasa pengurusan SKA profesional untuk keperluan pembuatan sertifikat atas jasa konstruksi tersebut. 


Apa yang dimaksud jasa pengurusan SKA?

Bagi Anda yang saat ini sedang mengurus jasa pengurusan SKA, nantinya endingyang akan Anda dapatkan adalah sertifikat SKA. Ini adalah sertifikat yang diterbitkan secara langsung oleh pihak LPJK. Tujuan diterbitkannya sertifikat ini adalah tidak lain untuk memenuhi persyaratan dimilikinya kompetensi dan keahlian berdasarkan pada ijazah yang dimiliki masing-masing. Singkat kata, dengan SKA yang dimiliki, ini akan menjadi pendukung dan penguat skill dan wawasan yang dimiliki sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan sertifikasi SKA, harapannya daya jual akan semakin tinggi dan semakin mudah untuk masuk dalam dunia profesional. 


Serba-serbi SKA

  • Sertifikat SKA adalah sertifikat yang ditujukan kepada mereka para ahli konstruksi terpercaya. Untuk mengajukan pembuatan sertifikat SKA caranya adalah setidaknya dengan memiliki ijasahD3 di bidangnya. Bagi mereka yang saat ini mendirikan atau memiliki jasa konstruksi baik di bidang pelaksana, konsultan, maupun pengawas dengan skala kecil, menengah maupun besar yang kebetulan ingin sekali memiliki sertifikat SBUJK, maka wajib baginya untuk terlebih dahulu memiliki IUJK, memiliki tenaga ahli, dan sudah teregister di situs website resmi LPJK. 

  • SKA diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu SKA mula, SKA utama dan SKA Madya. Untuk proses pembuatan sertifikat, agaknya tidak bisa langsung jadi karena harus melalui beberapa prosedur. Untuk itu, setidaknya Anda butuh waktu sebanyak 1-2 hari untuk proses pengerjaannya. 


Manfaat SKA

Beberapa tujuan dan manfaat pengurusan SKA, diantaranya adalah:

  1. Bagi mereka yang saat ini sedang membangun sebuah proyek atau terlibat dalam jasa konstruksi, ada baiknya dan sangat disarankan untuk memiliki sertifikat SKA yang satu ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendukung atau menunjang keberhasilan proyek tertentu yang saat ini sedang dirintis atau dijalankan. Bagi siapa saja yang terlibat dalam proyek tersebut, umumnya diwajibkan untuk memiliki sertifikat SKA. 

  2. Bahkan, yang terjadi di lapangan adalah, beberapa proyek yang dikerjakan terhambat jika elemen yang ada di dalamnya tidak memiliki sertifikat tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda dan setiap komponen yang ada di dalam proyek tersebut terlebih dahulu membuat sertifikat SKA, sehingga proyek yang dikerjakan tidak terhambat dan bisa berjalan dengan lancar. Yuk, segera urus SKA Anda untuk memastikan proyek akan berjalan dengan lancar dan tepat waktu. 

  3. Sertifikat SKA adalah sertifikat yang digunakan untuk menunjang kualitas yang dimiliki oleh penyedia jasa konstruksi tertentu. Dengan adanya sertifikat SKA, pihak klien dan pasar bisa mengukur apakah penyedia jasa konstruksi tersebut memilih kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan penyedia jasa konstruksi lain atau justru sebaliknya. Bagi klien, adanya sertifikat SKA menunjukkan kemampuan penyedia jasa konstruksi dalam menangani proyek yang di handle-nyadimana sertifikat tersebut menunjukkan kompetensi yang dimiliki oleh penyedia jasa yang bersangkutan, baik itu di skala lokal, nasional, maupun internasional. 

  4. Sertifikat SKA diterbitkan secara resmi oleh pihak Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. Atau yang kita sebut dengan LPJK. Adanya sertifikat SKA sangatlah penting mengingat ini adalah bukti resmi profesionalitas dan kualitas penyedia jasa konstruksi yang menjamin kepuasan klien.

  5. Bukan tanpa peraturan yang jelas. Namun telah ada peraturan perundangan yang berlaku yaitu dalam bentuk UU yang mengatur Jasa Konstruksi dengan nomor 18 tahun 1999. Ini berarti, bagi Anda penyedia jasa konstruksi yang kebetulan memiliki sertifikat SKA, telah memenuhi kualifikasi untuk menjalankan proyek konstruksi tersebut sebagaimana yang diinginkan Undang-Undang.