Jasa pengurusan SKT—Sebagai penyedia jasa, apalagi untuk kategori usaha yang besar sekelas penyedia jasa konstruksi bangunan, tentu kita memerlukan adanya pengakuan dari pihak lain atas kompetensi yang kita miliki. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya penyedia jasa konstruksi yang ada saat ini. Pengakuan tersebut tentu tidak diberikan oleh siapa saja, namun dipublikasikan oleh ahlinya. Salah satu bukti profesionalitas yang sebaiknya dimiliki oleh penyedia jasa konstruksi bangunan terpercaya adalah sertifikat SKT yang  di dapat dari jasa pengurusan SKTyaitu sertifikat keterampilan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi pengembangan jasa konstruksi atau LPJK. Kenapa ini penting? Sebab dengan memiliki  sertifikat SKT beberapa manfaat tersebut akan kita dapatkan:

  1. Sertifikat SKT atau sertifikat keterampilan yang direkomendasikan bagi pemilik jasa konstruksi sangat disarankan untuk dimiliki. Tujuan dari kepemilikan sertifikat SKT tidak lain adalah untuk mendukung proyek yang sedang di jalankan. Kepemilikan sertifikat SKT berarti menunjukkan profesionalitas yang dimiliki sehingga memastikan kelancaran proyek yang dijalankan, jaminan atas hasil yang memuaskan bagi penyedia jasa, dan masih banyak lagi.

  2. Lebih jauh lagi, adanya sertifikat SKT yang kita miliki berarti penyedia jasa konstruksi tersebut memiliki reputasi yang baik, dengan menawarkan kualitas pengerjaan yang bagus dengan hasil akhir yang memuaskan. Ini berarti penyedia jasa konstruksi tersebut memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan penyedia jasa yang lain dan layak untuk Anda pilih sebagai partner dalam menjalankan proyek infrastruktur yang dijalankan saat ini. 

  3. Dari pihak pemerintah, kepemilikan sertifikat SKA dan SKT sangat diperlukan oleh penyedia jasa konstruksi terpercaya. Ini berarti siapa saja penyedia jasa konstruksi yang memiliki sertifikat SKT berarti telah memenuhi kualifikasi sebagai penyedia jasa konstruksi terpercaya yang memenuhi kualifikasi sebagaimana yang tercantum dalam UU mengenai Jasa Konstruksi no.18 tahun 1999. Singkat kata, sertifikat SKT adalah bukti legalitas dan profesionalitas yang dimiliki oleh penyedia jasa konstruksi. 

  4. Memberikan manfaat untuk semua pihak penyedia jasa konstruksi yang tergabung di dalamnya, mulai dari manajer dan sekaligus anggota tim ahli yang melaksanakan proyek konstruksi. Mulai  dari atasan, penyedia jasa yang melaksanakan proses konstruksi, sampai dengan pemilik proyek. Manfaat tersebut adalah dalam bentuk memudahkan setiap elemen penyedia jasa konstruksi dalam memberikan kepercayaan kepada klien. 

  5. Penyedia jasa konstruksi tersebut akan mendapatkan pengakuan baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional sehingga efektif dalam meningkatkan kemampuan diri pribadi sekaligus untuk menjalankan proyek yang sesuai dengan tujuan, visi misi yang ingin dicapai oleh penyedia jasa tersebut. Dan, yang paling penting adalah, digunakan untuk meningkatkan reputasi, dan popularitas karir dari segi cakupan yang dicapai agar lebih profesional. 

  1. Adanya sertifikat SKTefektif mengetahui bagaimana kiranya performa yang dimiliki oleh anggota tertentu dan sekaligus untuk menempatkan anggota di tempat yang tepat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Tidak hanya itu, ini juga sebagai standar bukti kemampuan yang dimiliki oleh setiap personil yang tergabung dalam penyedia jasa konstruksi tersebut yang sekaligus menjadi komitmen dari pekerjaan yang ditekuninya itu. Dengan ini, proyek yang dijalankan memiliki tenaga ahli yang memang kompeten di bidang masing-masing dengan hasil akhir yang memuaskan.


Untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dalam proses pembuatan sertifikat SKT, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Diantaranya adalah:

  • Cobalah untuk bekerja sama dengan penyedia jasa pembuatan sertifikat SKT resmi dan terpercaya. Mintalah rekomendasi kepada pihak yang berpengalaman agar Anda tidak salah dalam memilih penyedia jasa pengurusan SKT

  • Ketahui seberapa lama proses pembuatan SKT tersebut dimana umumnya pembuatan SKT hanya berlangsung selama 2 hari. Tidak hanya itu, tanyakan pula berapa biaya pembuatan SKT dan sesuaikan dengan biaya pasarannya. Hindari penyedia jasa yang menawarkan biaya yang sangat mahal dan pastikan pula bahwa Anda bekerja sama dengan penyedia jasa terpercaya. 


Karena pentingnya sertifikat SKT untuk dimiliki oleh penyedia jasa konstruksi, maka penting bagi Anda untuk mencari penyedia jasa pengurusan SKTterpercaya dengan sertifikat resmi yang diberikan untuk mempermudah pekerjaan konstruksi Anda.