Cara paling mudah dan efisien untuk mengurus sertifikat SKA/SKT  adalah melalui biro jasa SKA SKT. Biro jasa SKA/SKT ini akan membantu anda dalam mengurus pembuatan sertifikat SKA/SKT. Anda tidak perlu lagi ribet bolak-balik mengurus persyaratan dokumen ke LPJK karena biro jasa yang akan melakukan untuk anda. 


Sertifikasi SKA/SKT 

Jika anda memiliki usaha jasa bidang konstruksi, maka anda harus memiliki Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Sebelumnya, untuk mendapatkan SIUJK ini anda harus melewati tahap sertifikasi Tenaga Ahli dan Terampil atau SKA/SKT, dan Sertifikasi Badan Usaha atau SBU. Pengurusan sertifikat SKA/SKT ini tergantung pada kualifikasi dari IUJK yang anda butuhkan. Jika anda memulai dengan klasifikasi kecil atau K1, maka anda cukup memerlukan ijazah SMU atau SMK. Jika anda memilih SIUJK dengan klasifikasi M1, maka tenaga ahli yang anda butuhkan adalah sertifikasi SKA dengan tenaga ahli minimal sarjana. 


Memilih Biro Jasa SKA/SKT 

Jika anda hendak menggunakan biro jasa untuk mengurus SKA/SKT dan ijin usaha konstruksi lainnya termasuk SIUJK, maka ada beberapa hal penting yang wajib anda perhatikan. 

  • Kenali dan cari informasi mengenai biro jasa yang akan digunakan. 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali biro jasa SKA/SKT yang akan anda gunakan jasanya. Di Indonesia, ada banyak biro jasa yang menawarkan pengurusan pembuatan izin usaha, termasuk pembuatan sertifikat SKA/SKT. Anda harus benar-benar teliti dan jeli agar bisa mendapatkan layanan jasa pengurusan sertifikat yang profesional dan terpercaya. Cari tahu lokasi kantor dan sebisa mungkin dapatkan review dari para klien mereka. 

  • Lihat portofolio mereka. 

Agar biro jasa yang anda gunakan terjamin, pastikan anda sudah mengecek portofolio pelayanan pengurusan izin usaha yang sudah dilayani. Hal ini akan memberikan pengaruh pada pelayanan yang anda terima. Apabila perusahaan tersebut telah banyak membantu mensukseskan pelayanan pengurusan izin usaha perusahaan lain, maka biro jasa tersebut dapat dipercaya untuk digunakan. 

  • Perhatikan pada biaya 

Tidak hanya layanan yang anda perhatikan, dari segi biaya juga wajib anda perhatikan dengan baik. Biaya merupakan hal penting yang wajib anda pertimbangkan setelah pelayanan yang diberikan. Pilih perusahaan yang memberikan pelayanan pengurusan ijin usaha dengan harga yang terbaik dan didukung dengan pelayanan yang terbaik. Jangan memilih biro jasa yang menawarkan harga terlalu mahal ataupun yang terlalu murah. Selain itu, perhatikan pula budget yang anda miliki. 

Mengurus SKA/SKT melalui Biro Jasa 

Dengan mengurus SKA/SKT melalui biro jasa, maka anda bisa segera mendapatkan sertifikat dengan cepat, beda jika anda harus mengurus sendiri. Hal ini dikarenakan penyedia jasa sudah memiliki pengalaman sehingga resiko kegagalan saat pengajuan pembuatan SKA/SKT ke lembaga yang berwenang bisa diminimalisir. Berikut adalah proses pengurusan SKA yang umum oleh peserta:


  • Mengisi formulir pendaftaran, Hal pertama dalam mengurus SKA/SKT melalui biro jasa adalah mengisi formulir pendaftaran. Anda bisa melakukan proses pendaftaran dari email,Whatsapp, atau yang lain, tergantung dengan layanan pembuatan SKA yang hendak anda pilih. Mengirim scan dokumen pendaftaran, Selanjutnya yang dilakukan adalah mengirimkan scan dokumen pendaftaran SKA. Konfirmasi rincian biaya. Apabila berkas pendaftaran yang diminta sudah benar, maka layanan jasa pembuatan SKA/SKT akan segera memproses permohonan anda ke LPJK. Anda kemudian akan mendapatkan konfirmasi rincian biaya yang harus anda bayar. Email softcopy SKA dari LPJK, Berikutnya, anda harus memeriksa email yang berisikan lampiran berkas softcopy SKA dari LPJK yang sudah diurus oleh biro jasa sebelumnya. Pengecekan SKA, Saat anda menerima email, jangan segera konfirmasi. Ada baiknya anda periksa kembali SKA yang diterima apakah sudah benar sesuai dengan identitas dan kompetensi yang anda pilih. Anda juga perlu untuk mengecek keaslian SKA tersebut dengan mengecek apakah anda sudah benar-benar terdaftar sebagai penerima SKA di LPJK. Pengiriman SKA asli oleh ekspedisi, Jika tidak ada permasalahan dengan identitas SKA dan detail lainnya, maka lakukan konfirmasi. Setelah itu, biro jasa SKA/SKT akan segera mengirimkan SKA yang asli dan legal.
  • mulir pendaftaran, Hal pertama dalam mengurus SKA/SKT melalui biro jasa adalah mengisi formulir pendaftaran. Anda bisa melakukan proses pendaftaran dari email,Whatsapp, atau yang lain, tergantung dengan layanan pembuatan SKA yang hendak anda pilih.
  • Mengirim scan dokumen pendaftaran, Selanjutnya yang dilakukan adalah mengirimkan scan dokumen pendaftaran SKA. Konfirmasi rincian biaya. Apabila berkas pendaftaran yang diminta sudah benar, maka layanan jasa pembuatan SKA/SKT akan segera memproses permohonan anda ke LPJK. Anda kemudian akan mendapatkan konfirmasi rincian biaya yang harus anda bayar.
  • Email softcopy SKA dari LPJK, Berikutnya, anda harus memeriksa email yang berisikan lampiran berkas softcopy SKA dari LPJK yang sudah diurus oleh biro jasa sebelumnya.
  • Pengecekan SKA, Saat anda menerima email, jangan segera konfirmasi. Ada baiknya anda periksa kembali SKA yang diterima apakah sudah benar sesuai dengan identitas dan kompetensi yang anda pilih. Anda juga perlu untuk mengecek keaslian SKA tersebut dengan mengecek apakah anda sudah benar-benar terdaftar sebagai penerima SKA di LPJK.
  • Pengiriman SKA asli oleh ekspedisi, Jika tidak ada permasalahan dengan identitas SKA dan detail lainnya, maka lakukan konfirmasi. Setelah itu, biro jasa SKA/SKT akan segera mengirimkan SKA yang asli dan legal. 

Dengan menggunakan biro jasa SKA SKT, anda bisa mempercepat proses pengurusan sertifikat SKA/SKT sehingga proyek usaha anda bisa segera dilaksanakan.