Perawatan Panel Surya Agar Selalu Optimal dan Power Full

Perawatan Panel Surya Agar Selalu Optimal dan Power Full. Salah satu fungsi kaca pelindung adalah untuk melindungi seluruh modul fotovoltaik. Kaca pelindung tersebut harus bebas dari keretakan untuk memastikan kinerja modul fotovoltaik yang optimal serta melindungi modul fotovoltaik.

Namun, beberapa kerusakan mungkin tidak dapat dihindari, misalnya tertimpa batu ketika terjadi tanah longsor, tertimpa pohon tumbang, dan kesalahan manusia seperti penanganan material dan kemasan yang buruk selama pengiriman dan penyimpanan di gudang.

Kenaikan temperature yang signifikan karena terjadinya hot spot, buruknya struktur penopang, dan tarikan yang disebabkan oleh rangka modul fotovoltaik juga dapat menyebabkan retaknya kaca.

 

 

Delaminasi (pengelupasan lapisan) dapat terjadi antara kaca pelindung dan laminasi serta antara laminasi dan sel fotovoltaik. Cacat terutama terjadi karena kualitas yang tidak memadai dari perekat yang sensitif terhadap radiasi sinar ultraviolet (UV) dan kelembaban. Delaminasi mengakibatkan berkurangnya transmisi cahaya sehingga mengurangi keluaran daya dan berpotensi menimbulkan hotspot.

Backsheet atau lembar insulasi di bagian belakang terbuat dari lembaran tipis polimer yang secara mekanikal harus kuat, tahan sinar UV, dan berfungsi sebagai penghalang yang baik terhadap paparan langsung dari lingkungan seperti perlindungan dari cuaca, kotoran, dan kelembaban.

Lembaran ini juga mengamankan pengoperasian modul fotovoltaik karena lembaran ini digunakan untuk mengisolasi tegangan DC yang tinggi pada string sel. Lembar insulasi di bagian belakang modul fotovoltaik ini harus bebas dari keretakan, gelembung, dan delaminasi. Hal ini untuk menghindari kebocoran air yang dapat mengurangi kinerja modul akibat korosi, penurunan kualitas laminasi (encapsulant), dan hubungan arus pendek internal.

 

 

Modul fotovoltaik harus dirancang untuk dapat menahan tekanan mekanis yang berat. Rangka harus mampu menjaga bentuknya untuk memastikan kokohnya modul fotovoltaik dan menjaga ikatan dengan struktur  penopang. Selain itu, rangka yang tidak seragam dapat meningkatkan tekanan pada kaca, sehingga dapat menyebabkan risiko retak bagi kaca pelindung dan sel fotovoltaik dalam jangka panjang.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah bingkai berubah bentuk?