SBU atau Surat Ijin Badan Usaha adalah sesuatu yang sangat penting. Maka pembuatan SBU Jakarta memang harus segera dilakukan. penerbitan SBU sendiri dilakukan LPJK, dimana dalam sertifikat tersebut menjadi bukti bahwa perusahaan Anda sudah melalui tahapan pertama dalam pengadaan jasa dan barang sesuai klasifikasi bidang. Jadinya, perusahaan bisa selangkah lebih maju dalam beroperasi tanpa takut akan pengadaan barang yang tidak resmi dan ilegal. 

Rupanya dalam pembuatan SBU sangat mudah dilakukan. nah, berikut ini beberapa langkah dalam pembuatan SBU itu sendiri. 

Tentukan jenis SBU yang akan dibuat

Langkah pertama dalam pembuatan SBU adalah tentukan SBU yang akan Anda buat. ada beberapa jenis SBU yang harus Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan keikutsertaan dan pengambilan mega proyek. Beberapa proyek memang butuh SBU tertentu. Selain itu, SBU juga disesuaikan dengan bidang usaha Anda. Nah, beberapa jenis SBU adalah sebagai berikut ini:

  1. SBU Konsultan

SBU konsultan menunjukkan kredibilitas Anda sebagai jasa konsultan atau perusahaan yang bergerak pada bidang konsultasi. Konsultasi pun juga beragam, bisa konsultasi keuangan, konsultasi tata kota, atau konsultasi manajemen proyek. 

  1. SBU konstruksi 

Inilah SBU yang paling banyak dicari. Pasalnya, Indonesia sedang dalam pembangunan. Banyak mega proyek dari pemerintah. Alhasil, proyek untuk jasa konstruksi juga sangat melimpah. Namun pemerintah tidak sembarang dalam memilih vendor. Terlebih lagi, dalam pembangunan yang dilakukan memiliki resiko yang besar. tak ayal biasanya pemerintah akan memilih jasa konstruksi yang memiliki SBU gred 7. 

Jasa ini tidak hanya bertanggung jawab akan resiko yang besar, tetapi juga nilai proyek yang dikerjakan tidak terbatas, bahkan peralatannya harus berteknologi tinggi. resiko yang besar berarti proyek yang dilaksanakan sangat mengancam dan berbahaya untuk lingkungan, jiwa manusia dan keselamatan. 

  1. SBU konsultan non konstruksi 

SBU yang satu ini biasanya harus disertakan oleh jasa konstruksi dalam bersaing tender dan sebelum mengambil proyek. Pasalnya, sebelum pembangunan dilakukan dibutuhkan perencanaan yang matang dan minim resiko dan hanya konsultan lah yang bisa melakukannya. Maka dari itu, saat pembuatan SBU Jakarta dalam bidang konstruksi sertakan juga SBU konsultan non konstruksi. 

Tetapi sudah dijelaskan sebelumnya, masalah konsultan tidak hanya beruba konstruksi saja, melainkan bisa finansial dan bisnis lainnya. nah, beberapa perusahaan inilah yang biasanya mengejar SBU konsultan non konstruksi. 

  1. SBU Spesialis 

Mungkin beberapa dari Anda pernah mengunjungi spesialis. Namun masalah SBU bukan tentang dokter spesialis, melainkan SBU Spesialis adalah SBU yang diberikan kepada badan usaha dengan spesialisasi tertentu dan memang membutuhkan sertifikasi spesial, seperti kesehatan dan lain sebagianya. Untuk SBU ini kurang ada yang berminat karena memang kebanyakan badan usaha tidak membutuhkan spesialis.

Kelompokan pada skala tertentu

Langkah selanjutnya adalah mengelompokan pada badan usaha pada skala tertentu. Untuk cara pengelompokannya ditentukan akan resiko, alat yang digunakan dan nilai proyek. Hal ini dilakukan untuk menentukan dimanakan gred SBU yang akan dibuat. Tentunya setiap gred memiliki harga yang berbeda. setidaknya ada 6 gred SBU, yang mana gred terendah adalah gred 2 dan gred tertinggi adalah gred 7. 

Untuk gred 2 sampai 4 biasanya proyek dalam resiko kecil, yakni tidak membahayakan jiwa manusia, keselamatan dan lingkungan. Selain itu, nilai proyek hanya berkisaran 1 miliyar hingga 2 miliyar saja. sedangkan untuk gred 5 memiliki resiko sedang, artinya mungkin bisa berbahaya bagi keselamatan pekerja dan lingkungan, serta nilai proyek bisa sampai 10 miliyar. Nah, gred 6 dan 7 memiliki resiko besar dan nilai proyeknya mulai dari 250 miliyar hingga tak terbatas.

Persiapkan dokumen kepengurusan SBU

Agar pembuatan SBU lebih cepat disetujui dan terbit, ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan. Mulai dari SKA, NPWP, SK domisili usaha, NPWP, SIUP, PKP, TDP, KTA, KK, KTP pemegang perusahaan, neraca dan laporan keuangan perusahaan, Struktur organisasi perusahaan dan pas foto 4x6 sebanyak 4 lembar. 

Namun agar lebih mudah dalam kepengurusan SBU, Anda bisa mempercayakan pada jasa pembuatan SBU Jakarta yang terpercaya dan profesional.