Bagi Anda yang sudah bekerja dan berkecimpung di dunia perusahaan konstruksi, tentunya SKT bukanlah suatu hal yang asing lagi untuk Anda. sebab, dengan adanya perusahaan konstruksi  Anda tempat Anda bekerja, tentunya juga terdapat SKT untuk bisa memenuhi kewajibannya untuk bisa berkecimpung  di perusahaan konstruksi. Dengan semakin berkembangnya dan mulai bermunculannya perusahaan – perusahaan baru, juga berbanding lurus dengan kemunculan jasa pembuatan skt. Seolah jasa pembuatan SKT kini dengan mudah Anda bisa temui.

Namun, bagi Anda yang tidak berkecimpung di dunia ini atau masih belum bekerja, tentunya mendengar SKT ini merupakan hal yang agak asing. Maka dari itu, kali ini Saya akan membahas mengenai  segala hal yang berhubungan dengan SKT lebih banyak. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini ya!

Apa itu SKT?

Hal yang pertama kali harus Anda ketahui mengenai SKT ini adalah definisinya. SKT sendiri merupakan kependekan dari Sertifikat Keterampilan, dimana dokumen ini merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh LPJK. LPJK sendiri merupakan Jasa Pelaksana Konstruksi yang nantinya akan memberikan SKT ini kepada para tenaga konstruksi yang sudah terampil serta telah llos dan memenuhi persyaratan kompetisi sesuai dengan disiplin keilmuan, kefungsian serta keterampilan tertentu. sehingga jika dilihat dari definisinya, kepemilikan SKT merupakan hal yang cukup penting untuk berkecimpung dunia perusahaan konstruksi  bukan?

Hubungan SKT dengan Perusahaan Konstruksi

Untuk bisa beroperasi, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi ini harus memiliki dokumen penting berupa sertifikat badan usaha ( SBU ), yang dimana nantinya akan terdapat 3 klasifikasi kecil yakni K1, K2, dan K3. Untuk bisa memiliki sertifikat badan usaha ( SBU ) ini, suatu perusahaan haruslah memiliki tenaga kerja yang juga memiliki sertifikat keterampilan ( SKT ), dimana dengan kepemilikan SKT ini nantinya dapat menjadi persyaratan dari perusahaan untuk menetapkan mereka sebagai seorang penanggung jawab teknik. Dengan begitu, dipastikan semua pekerja yang bekerja di perusahaan ini merupakan orang – orang yang memiliki keahlian konstruksi yang baik.

Fungsi dan Syarat Kepemilikan SKT

Seperti yang telah disebutkan diatas, kepemilikan SKT oleh para pekerja dapat dijadikan sebagai syarat untuk penetapan seseorang menjadi penanggung jawab teknik. Selain itu, fungsi SKT yang lainnya juga bisa sebagai pandangan kualitas jasa perusahaan konstruksi yang ada di Indonesia. maka dari itu, kepemilikan SKT ini sangat penting dan tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja, meskipun proses pembuatan SKT ini dapat terbilang cukup cepat.

Nah, jangan sampai Anda salah pengertian ya, sebab tidak sedikit masyarakat yang berpikir bahwa SKT dan TDP memiliki kesamaan. Karena, nyatanya kedua hal tersebut cukup berbeda. Jika SKT yang kali ini Saya bahas memiliki kaitan erat dengan pajak, maka untuk TDP merupakan daftar yang isinya aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan dan nantinya wajib untuk di sahkan.

Nah, dalam proses kepemilikan SKT ini, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan SKT, dimana dengan jasa itu, Anda bisa segera memiliki SKT yang Anda butuhkan tersebut. Nah, untuk bisa memilikinya, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, dan biasanya tidak jauh dengan persyaratan saat Anda membuat NPWP. Berikut adalah syaratnya :

  • Adanya kepemilikan akta pendirian usaha yang resmi

  • Adanya kepemilikan  SIUP

  • Adanya kepemilikan  TDP

  • Dan adanya kepemilikan dokumen yang menyatakan keterangan domisili usaha.

Setelah mengajukan seluruh persyaratan yang dibutuhkan, nantinya SKT akan dikeluarkan dan juga diajukan melalui pihak asosiasi profesi jasa konstruksi atau jenis instansi lain yang memang sudah terakreditas LPJK. Seperti yang sudah Saya jelaskan juga diatas, bahwa terdapat 3 klasifikasi tingkatan SKT dimana untuk kelas 1 pendidikan minimal SMA / sederajat, kelas 2 pendidikan minimal SMP, dan untuk kelas 3 pendidikan minimal adalah SD.

Nah, itu dia sedikit informasi lebih dalam mengenai SKT. Semoga artikel ini dapat mengedukasi Anda mengenai pentingnya kepemilikan SKT terutama untuk Anda yang hendak bekerja di bidang konstruksi. Jangan lupa untuk menggunakan jasa pembuatan SKT ya!